Rabu, 20 April 2016

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA MTsN 2 CIANJUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

A.                 Latar Belakang Masalah script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: "ca-pub-5472439132536087",
    enable_page_level_ads: true
  });
</script>
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar para siswa atau sering disebut peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar para siswa atau sering disebut peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual.
Pendidikan menjadi hal yang sangat urgen dalam kehidupan manusia. Selama manusia itu ada maka pendidikanpun akan senantiasa dibutuhkan. Pendidikan dilakukan dalam rangka membentuk pribadi peserta didik agar  mampu mengembangkan potensi dirinya dan memiliki ketahanan dalam bidang spiritual dan pengetahuan.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang disusun dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan diberikan mulai dari SD hingga SMA. Berdasarkan struktur KTSP, bahan kajian IPS meliputi 3 kemampuan memahami seperangkat fakta, konsep, dan generalisasi tentang sistem sosial dan budaya, manusia, tempat dan lingkungan, perilaku ekonomi dan kesejahteraan, waktu, keberlanjutan dan perubahan, sistem berbangsa dan bernegara. Adapun tujuan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada jenjang sekolah dasar adalah agar peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2006). Sasaran pembelajaran IPS di SD meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya tujuan dari pembelajaran IPS pada jenjang sekolah dasar adalah untuk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya, serta bekal bagi siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun kenyataan yang terjadi tujuan IPS belum mampu mencapainya secara maksimal. Di lapangan seorang guru IPS belum mampu menyentuh fungsi mendidiknya secara maksimal. Pembelajaran IPS baru sebatas teoretis, di hapal, dan tidak memiliki muatan dan ruh untuk mengubah dirinya menjadi pribadi peserta didik yang paripurna.
Begitu pula menyinggung masalah prestasi belajar siswa bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang membosankan. Semangat belajar siswa kecil. Bahkan IPS dianggap pelajaran yang paling mudah dan tidak ada tantangan dalam mengkajinya. Siswa tidak memiliki catatan sama sekali. Bahkan siswa menganggap tidak merasa dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Faktor yang menyebabkan kurangnya prestasi siswa, salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi. Guru masih sering menggunakan model pembelajaran klasik yaitu ceramah. Tidak ada penggunaan model pembelajaran dengan variasi lain yang lebih menarik. Pembelajaran berlangsung monoton, Siswa menulis, guru menerangkan, pembelajaran pun ditutup. Siswa pun bosan dan keaktifan pun sangat rendah.
Dalam pembelajaran IPS, yang menjadi salah satu bentuk proses pembelajaran yang baik adalah pembelajaran IPS yang disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Pembelajaran IPS yang disusun secara terpadu, diupayakan agar peserta didik dapat mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik. Dengan pelajaran IPS yang disusun secara terpadu, maka tujuan pendidikan IPS di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, inkuiri, mandiri, dan kepedulian sosial dapat dicapai oleh peserta didik di dalam kelas. Pembelajaran IPS di Indonesia, secara umum masih diajarkan secara terpisah-pisah. Salah satu penyebab hal ini dapat terjadi, karena guru IPS belum memahami penerapan pembelajaran IPS secara terpadu. Menurut salah satu media online yang dilansir oleh Kompasiana.com tanggal 31 Oktober 2011, ada beberapa hal yang dikeluhkan oleh guru terhadap pelajaran IPS di sekolah, misalnya fasilitas pendukung pembelajaran IPS yang tidak sesuai dengan kebutuhan, masih rendahnya hasil pembelajaran IPS di sekolah, dan ketidaksiapan dari guru yang ada di sekolahnya untuk membelajarkan IPS secara terpadu.
Kalaupun metode diskusi diterapkan dalam pembelajaran, tetapi teknik yang dugunakannya seperti halnya kegiatan seminar. Misalnya kelompok persentase di depan lalu siswa sebagai penyimak menanggapinya. Terus saja diskusi yang dilakukan seperti itu, tidak ada variasi yang menarik bagi siswa. Sehingga Kegiatan siswa di kelas adalah siswa harus duduk rapi mendengarkan, meniru dan mencontoh cara-cara yang diterapkan guru serta menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas yang diberikan guru tanpa ada tindakan lebih lanjut mengenai tugas tersebut.
Mengingat pembelajaran yang dilakukan di kelas kurang bervariasi seperti yang telah diuraikan di atas, maka untuk membuktikan keunggulan prestasi peserta didik di sini akan dicoba diterapkan salah satu model pembelajaran yang sebenarnya tidak terlalu asing bagi seorang guru yaitu model coopratif learning team game tournament (tgt).
Penggunaan metode TGT ini diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pemahaman dan penguatan terhadap materi yang diberikan di sekolah dengan harapan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Keaktifan siswa pun meningkat serta memiliki motivasi yang besar untuk belajar IPS
http://apepmunajat.sharethisstory.net/id-914876-5712

Selasa, 05 April 2016

AKHIRNYA TERUNGKAP !!! Pemimpin ISIS ternyata agen Mossad Israel
Berita Terkini - Sejumlah media asing, diantaranya Veterans Today, mengabarkan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi adalah orang Yahudi tulen. Yang paling mengejutkan adalah, disebutkan bahwa dia sejatinya adalah agen Mossad (dinas rahasia luar negeri Israel).
Disebutkan bahwa nama asli Abu Bakar al-Baghdadi adalah Emir Daash alias Simon Elliot alias Elliot Shimon. Dia lahir dari orang tua Yahudi dan direkrut serta dilatih Mossad untuk membuat kekacauan di kawasan Timur Tengah serta melancarkan perang urat syaraf terhadap masyarakat Arab dan muslim.
Hal ini makin menguatkan bocoran rahasia dari mantan agen NSA (dinas rahasia Amerika Serikat) Edward Snowden, yang menyebut ISIS sebenarnya adalah bentukan dari intelijen Amerika Serikat, Inggris, dan Israel. Mereka menciptakan sebuah organisasi militer yang mengklaim kekhalifahan Islam dengan Abu Bakar al-Baghdadi diusung sebagai khalifah untuk untuk menarik para teroris dari seluruh dunia bergabung di dalamnya.
Bukti nyata bahwa ISIS adalah bentukan Israel makin menguat ketika organisasi militer ini justru menyerang negara-negara Arab yang sedang kacau, diantaranya Irak dan Suriah.
ISIS kini telah menguasai sebagian wilayah Suriah dan Irak. Di Suriah mereka mendirikan pusat pemerintahan di Raqqa dan berhasil menguasai kota besar Mossul di Irak.
Mengklaim sebagai organisasi militer bernafas Islam, kelompok ini justru meledakkan makam Nabis Yunus dan mengancam akan meledakkan Ka`bah (Kiblat umat muslim se-dunia). ISIS juga tak tertarik membantu perjuangan di Palestina yang saat ini sedang diserang Israel habis-habisan.
Parahnya di Indonesia, ISIS justru mendapat simpati dari sejumlah orang yang langsung sukarela mendaftarkan diri sebagai pengikut. Tanpa menyelidiki atau mencari kebenaran informasi tentang ISIS, sedikitnya 56 orang Indonesia sukarela menjadi anggota ISIS.
Bahkan BIN (Badan Intelijen Negara) mensinyalir sudah ada tujuh orang warga Indonesia tewas setelah menjadi sukarelawan ISIS di TImur Tengah. salah satunya adalah warga Malang yang meninggal setelah sukarela menjadi penyerangan dengan modus bom bunuh diri
Tatto Kalin di 18.59

kisi - kisi soal UTS

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMSTER  

Satuan Pendidikan           : Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanggeung
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               :  IX/ 1
Jumlah Soal                    : 6 Esai Objektif + 2 Uraian
Kurikulum Acuan           : KTSP
Tahun Pelajaran             : 2015/2016
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
JUMLAH SOAL
NOMOR SOAL
BENTUK SOAL
1

Mendengarkan
Memhami dialog interaktif pada tayangan televisi/radio


1.1   menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/radio  
Tema dialog interaktif
Kesimpulan dialog interaktif

Siswa dapat menentukan tema dialog interaktif yang disediakan.

1
1
UO
Siswa dapat menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis.

1
2
UO

1.2  mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/radio

Pendapat narasumber
Siswa dapat mengomentari (menyetujui/menyanggah) pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan


1
7
UNO
Siswa dapat menyebutkan nama narasumber dan moderator pada dialog interaktif yag ditayangkan
2
3 dan 4
UO
2
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan






2.1    Mengkritik/memuji berbagai karya (seni/produk) dengan bahasa yang lugas dan sntun

Kritik dan pujian terhadap suatu karya
Disajikan sebuah percakapan Siswa mampu membuat kritikan berdasarkan isi dialog  atas
1
5
UO
Disajikan sebuah percakapan Siswa mampu membuat pujian berdasarkan isi dialg di atas
1
6
UO



Disajikan sebuah ilustrasi Siswa mampu memberikan kritikan suatu karya dengan bahasa yang santun
1
8
UNO








Cianjur, 29 September 2015
Penyusun/Guru Mata Pelajaran,



Apep Munajat, M.Pd.
NIP.197611012005011003



  1. Bacalah dengan teliti dialog interaktif berikut!

Deni                             : “Selamat malam para pendengar Radio Bintang FM Tanggeung di manapun Anda berada. Jumpa lagi dengan saya Deni Rahadian di  acara Dialog Interaktif kali ini akan membawakan sebuah tema “Kiat menjadi Pengusaha Sukses”
                        para pendengar di rumah jika Anda menjadi pengusaha yang sukses pasti akan merasakan bagaimana kebahagiaan Anda meraup banyak uang dan di rekening Anda bengkak. Itulah image seorang pengusaha. Apakah semudah itukah menjadi pengusaha sukses itu tiba – tiba langsung meraup banyak uang bisa membel mobil baru dan mewah, membeli rumah, di rekening uang melimpah? Tidak juga sebelum sukses tentu memerlukan perjuangan yang besar. Untuk menggali kiat usaha sukses tadi Mari kita simak bagaimana tutran seorang pengusaha gula yang malang melaintang usaha d bidang agro pangan, kita panggil Bapak Ahdiyat Miharja. Selamat malam Bapak Ahdiyat!
Bapak Ahdiyaht             : Selamat malam!
Deni                             : Bagaimana asal mula Bapak dapat menekuni usaha ini?
Bapak Ahdiyat               : usaha ini saya mulai pada tahun 1995. Ketika itu perekonomi


an bangsa sangat terpuruk akibat krisis moneter. Tanpa sengaja saya mendengar siaran radio  tentang kiat kita menjadi pengusha di masa krsis.
Deni                             : apa merek dagang Anda yang Anda berikan untuk produk Anda ini?
Bapak Ahdiyat               : saya memberi nama Gula Semut
Deni                             : Unik sekali nama yang Anda berikan.
Bapak Ahdiyat               : iya, karena bentuk gula ini  berwujud butiran-butiran halus serupa dengan tumpukan semut. Saya memilih kata semut agar mudah diingat orang.





RUMUSAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
OR INDIKATOR HASIL BELAJAR (IHB)

Ranah
Rumusan SK/KD
Rumusan IPK
C1
Mengingat
Mengingat
Membuat daftar
Menjelaskan
Mengidentifikasi
Mendapat kembali (Retrieving)
Menamai
Menentukan letak
Menemukan
C2
Memahami
Menafsirkan
Membuat/menunujukan contoh
Menyimpulkan
Menduga, berpendapat (Inferring)
Menguraikan dg kata-kata sendiri (Paraphrasing)
Mengklasifikasikan
Membandingkan
Menjelaskan/Menjelaskan
Mendefinisikan
Mencocokkan
Menghitung
Menjawab pertanyaan
C3
Mempraktekkan
Menerapkan / mengimplementasikan
Mengadakan, melaksanakan, menyelesaikan, mengamalkan (Carrying out)
Menggunakan
Melaksanakan
Membuat daftar
Menyusun/membuat
Menggambar
Membuat bagan
Memainkan/memerankan
Menginterview
Melakukan percobaan
Mengarsipkan/merekam
Melaporkan
Mendemonstrasikan
C4
Menganalisa
Membandingkan
Mengorganisasikan
Membuat kembali
Menyebutkan ciri-ciri
Membuat out line
Menemukan
Menyusun bagan
Menyatukan/mengintegrasikan
Mengaktegorikan
Mengklasifikasikan
Memisahkan sesuatu dari yang lain
Menemukan perbedaan prinsip
Menyatakan pendapat
Melakukan penelitiaan
C5
Mengevaluasi
Mengecek kebenaran
Merumuskan hipotesa
Mengkritik
Melakukan percobaan
Menetapkan keputusan
Menguji / melakukan tes
Mendeteksi
Memantau / menitoring
Mempertimbangkan
Mendebat
Berunding
Mengedit
Merekomendasikan
Menentukan pilihan
C6
Menciptakan
Merancang / mendesain
Menyusun
Merencanakan
Menghasilkan
Menemukan
Memikirkan, merencanakan suatu cara,
Membuat
Menggabungkan 2 menjadi 1 yg baru
Memprediksi / menaksir  hasil/akibat


DAFTAR NILAI TO KE-1

DAFTAR NILAI TRY OUT  Kelas  9A 
Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia 
           
No.  Nama  L/P SKOR NILAI Ket
1  DEDE REZA   L  -    
2  AI NURHIKMAH   P  39 7,8 1
3  DELLA RAHMA FAUZI   P  37 7,4 2  
4  ESKA YULINDA RAHAYU   P  35 7 3
5  FATHUROHMAN SIDIQ   L  35 7 4
6  RANI FAOZIAH   P  35 7 5
7  TAUPIK HIDAYAT   L  34 6,8 6
8  HANA HARYADI PUTRI   P  33 6,6 7
9  M. TAUFIK ISMAIL   L  33 6,6 8
10  SITI ANISAH    P  33 6,6 9
11  WIDIA AULIA   P  33 6,6 10
12  IBNU SEPTIAN PURNAMA   L  31 6,2 11
13  SITI SAODAH   P  31 6,2 12
14  NAJAH HUSNIAH    P  30 6 13
15  NIA ALVIANI   P  30 6 14
16  SITI MARIYAM   P  30 6 15
17  ADIMAS FATURAHMAN FIRDAUS   L  29 5,8 16
18  INDRI ANDRIYANI   P  29 5,8 17
19  MALA SAPITRI    P  29 5,8 18
20  SITI NURJAMIL   P  29 5,8 19
21  MUHAMAD YAMIN   L  28 5,6 20
22  CEP JAMAL MAULANA   L  27 5,4 21
23  MULIA RAHMAT SURYADI   L  27 5,4 22
24  RUSLAN HIDAYAT   L  27 5,4 23
25  SITI SADIAH   P  26 5,2 24
26  NADIAH   P  25 5 25
27  YOGA FADILAH AKBAR   L  25 5 26
28  AHMAD SULAEMAN    L  24 4,8 27
29  ALDI KEYNALDI   L  23 4,6 28
30  ANGGIANI   P  22 4,4 29
31  DESI SUKMAYATI   P  22 4,4 30
32  LUSILAWATI   P  22 4,4 31
33  RIJAL   L  21 4,2 32
34  ADE TRI ALDI NUGRAHA   L  17 3,4 33
35  FITRI NOPITASARI    P  17 3,4 34
36  RULI YAGI YUSUP SUPRIATNA   P  15 3 35
37  GUN GUN GUNAWAN   L  14 2,8 36
38  SUFIRMAN   L  10 2 37
Catatan :        
Guru Bidang Studi

Apep Munajat, M.Pd
NIP 197611012005011003
 
DAFTAR NILAI TRY OUT  Kelas  9B 
Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia 
           
No.  Nama  L/P SKOR NILAI Ket
1  SARAH KHALIL   P  39 7,8 1
2  SITI RACHMANIA   P  37 7,4 2
3  RISMA OKTAPIA   P  36 7,2 3
4  TONI SAGITA PERMANA   L  36 7,2 4
5  ESTI YULIANTI   P  35 7 5
6  YAYU NURINSAN   P  35 7 6
7  ERIA SUGIARTI   P  34 6,8 7
8  M. RIGGA MAULLIDAN   L  34 6,8 8
9  REVI ASMUL FAOZI   P  33 6,6 9
10  YULI SRI MAUDI   P  33 6,6 10
11  DEDE ARIS HERDIAN   L  32 6,4 11
12  MAULANA AZHAR GIPARI   L  32 6,4 12
13  TASYA ALFIA PUTRI    P  32 6,4 13
14  AIRIEN FITRIA   P  31 6,2 14
15  IAN ALAWIAH NUR   P  31 6,2 15
16  WULANDARI    P  30 6 16
17  ABDUL RAHMAN   L  29 5,8 17
18  DIANA SELISTINA   P  29 5,8 18
19  NASEP RAMDAN   L  29 5,8 19
20  NINING LUTFIAH   P  29 5,8 20
21  DESI SILVIA   P  28 5,6 21
22  FAOZ NUGRAHA   L  28 5,6 22
23  MUHAMAD IRFAN   L  28 5,6 23
24  SELFI YULIANTI   P  28 5,6 24
25  ANANDA MAULANA YUSUF   L  27 5,4 25
26  SELLY SIVANA   P  27 5,4 26
27  NURPADILATUL ZANAH   P  26 5,2 27
28  UMAR HAMZAH   L  26 5,2 28
29  ASEP EMUS   L  25 5 29
30  SANDI SOLEHUDIN   L  25 5 30
31  MOCH NASRUL FAUZI   L  24 4,8 31
32  LIES DAYANTI   P  23 4,6 32
33  RIZKI SUGILAR   L  22 4,4 33
34  SITI HOLISOH   P  22 4,4 34
35  IRPAN FAUZI   L  21 4,2 35
36  RIFKI MAULANA   L  21 4,2 36
37  APRILIA UTAMI HERDI   P  15 3 37
38  ARIP MAULANA   L  30 6,0
Catatan :        
Guru Bidang Studi
Apep Munajat, M.Pd
NIP 197611012005011003
   
DAFTAR NILAI TRY OUT  Kelas  9C 
Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia 
           
No.  Nama  L/P SKOR NILAI Ket
1  MARIATUL QIBTIYAH   P  42 8,4 1
2  NOPI NADIA   P  38 7,6 2
3  TETI NURHAYATI   P  38 7,6 3
4  MUHAMMAD ABDUL KARIM   L  37 7,4 4
5  WANTI ROSWATI   P  36 7,2 5
6  IBRAHIM   L  35 7 6
7  NENG AMELIA PUTRI   P  35 7 7
8  AI LATFAH NURPAIJAH   P  34 6,8 8
9  ALVIN BAROKAH   L  33 6,6 9
10  ERNA WATI   P  33 6,6 10
11  MOH. YUSUP MUGNI NURJAMAN    L  33 6,6 11
12  AGNIA HANA TURIZTIA   P  32 6,4 12
13  ALWIAH ALFIANI   P  32 6,4 13
14  CEP YUSUP APRILIANSYAH   L  31 6,2 14
15  SUSILAWATI   P  31 6,2 15
16  DERI ANJANI NURPADILAH   L  30 6 15
17  SANIAH NURLAELA   P  30 6 16
18  SALMA ALVIANA SHOLEHAH   P  29 5,8 17
19  YULIYANTI   P  29 5,8 18
20  ANI ANDRIYANI   P  27 5,4 19
21  FITRIYANI   P  27 5,4 20
22  SURYANA   L  27 5,4 21
23  FENDI SUTISNA    L  25 5 22
24  MARWAN MAULANA    L  25 5 23
25  SITI NUROHMAH   P  25 5 24
26  RACHMAT WALUYA   L  24 4,8 25
27  INTAN MALA NURAENI   P  23 4,6 26
28  YOMAN    L  23 4,6 27
29  RATNA DAMAWIAH   P  21 4,2 28
30  RIMA YULINAR    P  21 4,2 29
31  GANJAR WISNU FAUZI   L  20 4 30
32  ISAN KOSWARA   L  20 4 31
33  SALMAN FARIS   L  20 4 32
34  RIO WIJAYA MOERTI   L  18 3,6 33
35  DENI   L  16 3,2 34
36  KURNIASIH   P  13 2,6 35
37  ANDRIAN SYAMSUL RAMLI   L    0 36
38 #REF! ####   0  
Catatan :        
Guru Bidang Studi
Apep Munajat, M.Pd
NIP 197611012005011003
 
DAFTAR NILAI TRY OUT  Kelas  9D 
Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia 
           
No.  Nama  L/P SKOR NILAI PERINGKAT
1  N. WAPI NURJAMILAH   P  39 7,8 1
2  ULUL AZMI FATURAHMAN   L  39 7,8 2
3  AFNIAR   P  35 7 3
4  SITI NURUL ULPAH   P  34 6,8 4
5  M. IKLIL SAEPUL SA`BANA   L  33 6,6 5
6  RIFQI APRIYANDI   L  33 6,6 6
7  SALAFIA AL-ZAHRA FAUZIA   P  33 6,6 7
8  APEP NURHIDAYAT    L  32 6,4 8
9  SELDI SYAHRIZAL   L  32 6,4 9
10  ABDUL ROHMAN   L  31 6,2 10
11  TITA NUR KARIMAH   P  31 6,2 11
12  RONI RIFALDI   L  30 6 12
13  ROSMAWATI   P  30 6 13
14  USMAWATI   P  30 6 14
15  WAPA YUNENGSIH   P  30 6 15
16  INA RAHMAWATI   P  29 5,8 16
17  MUKTI   L  29 5,8 17
18  AI SISKA NURHAYATI   P  28 5,6 18
19  KOSWARA PERMANA SANI   L  28 5,6 19
20  SINTA LESTARI   P  28 5,6 20
21  YENI SRI MULYANI   P  28 5,6 21
22  AI NURAISAH AHAN   P  27 5,4 22
23  DESI RATNASARI   P  27 5,4 23
24  FUJI LAELA   P  27 5,4 24
25  EPUL SAEPUL   L  26 5,2 25
26  AJMAN   L  25 5 26
27  RIA LASTRIA   P  25 5 27
28  MISDAR   L  24 4,8 28
29  PUTRI RAHAYU   P  24 4,8 29
30  NAIH NURWAHIDAH   P  23 4,6 30
31  HARIS   L  21 4,2 31
32  IRPAN PIRMANSYAH   L  21 4,2 32
33  DALIEN GACA NUGRAHA   L  20 4 33
34  WANDA WULANDARI    P  20 4 34
35  MOH. DANI RAMDANI   L  18 3,6 35
36  DEDE HERMAWAN   L    0 36
37  SITI SOLIHAT   P    0 37
38                                                      -        -     38
Catatan :        
Guru Bidang Studi
Apep Munajat, M.Pd
NIP 197611012005011003
 
DAFTAR NILAI TRY OUT  Kelas  9E 
Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia 
           
No.  Nama  L/P SKOR NILAI PERINGKAT
1  AI NURAGNIA   P  40 8 1
2  ANGGI FITRIAN MANDANI    P  38 7,6 2
3  SIPA PUSPITA SARI   P  37 7,4 3
4  YANTO SURYANA   L  36 7,2 4
5  FAHRI JAELANI   L  35 7 5
6  YULIYANTI   P  35 7 6
7  RENI RIMAWATI   P  34 6,8 7
8  ABDUL ROHMAN   L  33 6,6 8
9  HERI PURNAMA   L  33 6,6 9
10  LANLAN JAELANI   L  33 6,6 10
11  DEDE MULNI SETIAWAN   L  32 6,4 11
12  RIKA DAMAYANTI   P  32 6,4 12
13  SIFA AWALIYAH   P  32 6,4 13
14  SRI DAYANTI   P  32 6,4 14
15  WANDA HAMIDAH   P  32 6,4 15
16  ANA ROHINAH   P  31 6,2 16
17  NASIR NUROHIM   L  31 6,2 17
18  SOLIH HERMAWAN    L  31 6,2 18
19  DIANA SULAEMAN   P  30 6 19
20  IRVAN KURNIAWAN   L  30 6 20
21  ROSMAYANTI   P  30 6 21
22  NANAN NASIROH   P  29 5,8 22
23  CAHYANA   L  28 5,6 23
24  ENENG MIRNAWATI RIZKI AMELIA   P  28 5,6 24
25  MUHAMAD RIJAL AKBAR    L  28 5,6 25
26  RIKI HERDIANSYAH SAPUTRA   L  27 5,4 26
27  SITI AISAH   P  27 5,4 27
28  TAHENI   P  26 5,2 28
29  NUR ANITASARI   P  25 5 29
30  DESI PUTRI SHOFYANI   P  24 4,8 30
31  IDA FARIDA   P  24 4,8 31
32  MARWATUSSALWA DIVA PUTRI   P  24 4,8 32
33  ARISMAN M HIFDULAH   L  21 4,2 33
34  M. SAYIDUL HAK   L  21 4,2 34
35  RANTI WULANDARI   P  20 4 35
36  SAEPUL ANWAR MUBAROK   L  18 3,6 36
37  ALDI   L    0 37
38  MOCH. ADITYA TRIANTAMA   L    0 38
Catatan :        
Guru Bidang Studi
Apep Munajat, M.Pd
NIP 197611012005011003
   
DAFTAR NILAI TRY OUT  Kelas  9F 
Mata Pelajaran  
           
No.  Nama  L/P SKOR NILAI PERINGKAT
1  GINA FITRI LAYALI   P  38 7,6 1
2  RINA LIDIAWATI   P  38 7,6 2
3  SITI RUBAEAH   P  38 7,6 3
4  YULIA   P  37 7,4 4
5  AI NURAENI   P  36 7,2 5
6  RIPQI HAIKAL   L  36 7,2 6
7  FURI SUKMA SEJATI   P  35 7 7
8  ALFAN HIDAYATULLOH   L  34 6,8 8
9  SANTUN SUNDAWATI   P  34 6,8 9
10  CHANDRA MAULANA    L  31 6,2 10
11  SITI NUROHMAH   P  31 6,2 11
12  ELA NURLAELAWATI   P  30 6 12
13  HILMI FITRIANI   P  30 6 13
14  ILHAM MUHAMMAD SURYA   L  30 6 14
15  ANITA LESTARI   P  29 5,8 15
16  DEDE RITA MASROPAH   P  29 5,8 16
17  SITI ROHMAH   P  29 5,8 17
18  SUTISNA   L  29 5,8 18
19  RATNA RISTIYANA   P  28 5,6 19
20  MUHAMAD ABDUL ZABAR   L  26 5,2 20
21  MUHAMMAD NURSAL FAOZAN   L  26 5,2 21
22  AGUNG HENDRIAWAN KOSWARA   L  25 5 22
23  INYANI SAFITRI   P  25 5 23
24  NURHAYUNI   P  25 5 24
25  TIA YURISA   P  25 5 25
26  DENI KURNIAWAN   L  24 4,8 26
27  FIKRY KURNIA ALI PASYA   L  22 4,4 27
28  WAPA ALVINA   P  22 4,4 28
29  AJI SAEPULOH   L  21 4,2 29
30  MAHMUDIN   L  21 4,2 30
31  NUR AZMI AMINTRIYUDA   L  20 4 31
32  DIAN ANDRIYANI NUGRAHA   P  19 3,8 32
33  RIKI MAULANA   L  18 3,6 33
34  SALMAN   L  18 3,6 34
35  ARIS ALFARIZI   L    0 35
36  M. ALI MA`RUP   L    0 36
37                                                      -        -      
38                                                      -        -      
Catatan :        
Guru Bidang Studi
Apep Munajat, M.Pd
NIP 197611012005011003
 
DAFTAR NILAI TRY OUT  Kelas  9G 
Mata Pelajaran  
           
No.  Nama  L/P SKOR NILAI PERINGKAT
1  FEPI MELIYANI SUKMAWATI   P  39 7,8 1
2  M. FARHAN MAULANA GUNTUR   L  38 7,6 2
3  RISKA WIDIA R   P  38 7,6 3
4  AI NURAENI    P  34 6,8 4
5  HENI NURAENI   P  34 6,8 5
6  SITI MAULA ALVIANI   P  34 6,8 6
7  DAYU ANWARI   L  33 6,6 7
8  DELA LAILA BARKAH   P  33 6,6 8
9  LINA   P  33 6,6 9
10  SITI HUSNA SAIDATI NUR   P  31 6,2 10
11  AISAH   P  30 6 11
12  JAJANG MASUDAH   L  30 6 12
13  YUSI YUSFITA   P  30 6 13
14  ABDUL INTAN FAUZI   L  29 5,8 14
15  EGA NURFALAH   L  29 5,8 15
16  NABILA MAISYA PUTRI   P  29 5,8 16
17  SALMAN MAULANA NUGRAHA   L  29 5,8 17
18  IRA PITRI YANI   P  28 5,6 18
19  MUHAMAD ASSEGAF   L  28 5,6 19
20  NUROH   P  28 5,6 20
21  RENDI HERMAWAN   L  28 5,6 21
22  ROBBY AWALUDIN ISKANDAR   L  28 5,6 22
23  RIAN HIDAYAT   L  27 5,4 23
24  WINASARA   P  27 5,4 24
25  DEDE DELA   P  26 5,2 25
26  SITI SALMA   P  25 5 26
27  BILLY JENAWI   L  24 4,8 27
28  MUHAMAD RULI   L  23 4,6 28
29  TAUFIK RAHADIAN   L  23 4,6 29
30  TINA RAHMAWATI   P  23 4,6 30
31  AJAT SUDRAJAT   L  22 4,4 31
32  ANDI SUPIANDI   L  20 4 32
33  SELI AYUNING WIDADARI   P  20 4 33
34  IRPAN ALAWI   L  18 3,6 34
35  FIRMANSYAH   L    0 35
36  NURJANAH   P    0 36
37                                                      -        -      
38                                                      -        -      
Catatan :        
Guru Bidang Studi
Apep Munajat, M.Pd
NIP 197611012005011003
 
DAFTAR NILAI TRY OUT  Kelas  9H 
Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia 
           
No.  Nama  L/P SKOR NILAI PERINGKAT
1  YASIN MAULANA    L  42 8,4 1
2  ASEP SUHANDI   L  41 8,2 2
3  SRI UTARI   P  36 7,2 3
4  DEVI RATNASARI   P  33 6,6 4
5  ERNI   P  33 6,6 5
6  FRISKA SANTIKA   P  33 6,6 6
7  MUALIMIN NURDIANSAH   L  32 6,4 7
8  LATIP   L  31 6,2 8
9  TINEU NURHASANAH   P  30 6 9
10  BUDI   L  29 5,8 10
11  RENI SINTIAWATI    P  29 5,8 11
12  RIMA RATNASARI   P  29 5,8 12
13  RISKA FAIZA MUHTAR   P  29 5,8 13
14  RISWAN TAUFIK   L  29 5,8 14
15  MEYDA DAMAYANTI   P  28 5,6 15
16  NUROH   P  28 5,6 16
17  YUSUP TAJIRI    L  28 5,6 17
18  IRMA SILPIA   P  27 5,4 18
19  WIDIAWATI   P  27 5,4 19
20  ABDUL AJIJ   L  26 5,2 20
21  NANDO HERMAWAN   L  25 5 21
22  ILHAM FIRDAUS   L  24 4,8 22
23  SAN SAN MAULANA BARSAN   L  24 4,8 23
24  SITI LUFI ANUGRAH   P  23 4,6 24
25  RESA YUNISA   P  22 4,4 25
26  ARMAN HIDAYAT    L  21 4,2 26
27  DIKI JAELANI   L  19 3,8 27
28  SITI HERDIANA    P  18 3,6 28
29  SITI FATIMAH    P  17 3,4 29
30  MIFTAH   L  16 3,2 30
31  AMIR HAMZAH   L  0 0 31
32  ANDIKA AJI MAULANA   L  35 7,0 32
33  EKA HOPIPAH   P  30 6.0
34  JAMILAH   P  29 5,8
35  MUHAMMAD KHOLIS NURJEN   L  0 0 35
36  DEDE ARISKA   P    0
37                                                      -        -      
38                                                      -        -      
Catatan :        
Guru Bidang Studi
Apep Munajat, M.Pd
NIP 197611012005011003
 
 
           

Rekonstruksi pendidikan idul adha

Rekonstruksi Pendidikan Idul Adha Oleh  Apep Munajat (Penulis Adalah Pengurus Pergunu Kabupaten Cianjur, Mahasiswa Program Doktor UN...